Sabtu, 03 Januari 2009

lampu merah...

Kelap kelip lampu dikota, mewarnai indahny kota dimalam hari. [halah. Apa bae sih lo ja..!!] emang gara-gara apaan? hehe. Si makhluk bermata tiga yg sangat menyeramkan ini, ude punya mata tiga, warna warni lagi, trus kaki cuma satu. Heh! BUZEEEET…. [tau acarany ga? Haha.] dan yang paling aneh lagi, dy ga mau dikasih makan nasi atau pun makanan pokok lainny, mauny listrik!! Entah kenapa makhluk ini berkembang biak cepat dan banyak bener, diseluruh dunia ada dan banyak bentukny, ada yg lurus aja, ada yg bengkok, ada yg punya angka, ada yg kuning doang. Sekarang yg bikin bingung kenapa niy makhluk bisa ke luar negeri y? gua aja belum pernah keluar negeri..[eh pernah deng umroh. Hehe]. Sekarang kasian mereka, sudah tua, sudah tampak kerut-kerut dibadanny.. [karat kalee].

 

Sebenerny yg pengen gua bahas bukan tu asal usul lampu merah. Aya-aya naon lu ja… lho? Aya-aya naon bukanny judul lagu y? halah-halah..

 

Lo sering dengerkan tu kata-kata lampu merah dan kata-kata itu sangat lah umum kita denger di daerah manapun. Pernah ga lo denger kata lampu merah itu dengan kata-kata yg berbeda? Dan kata-kata itu sangatlah aneh, nah tu kata orang awam ga akan ngerti, yg ngerti jg cuma orang daerahnya yg biasa make tu kata. Mau tau? Lampu..lampu..lampu.. merah..merah..merah.. Mau..mau..mau? Hiyah…mulai iklan lagi dah.

 

Jadi ceritany…

 

            Dulu pada suatu hari, di siang yg panas akan terik matahari. Gua tersasar di suatu jalan di bandung. Uda tiga kali bolak balik di jalan yg sama, eit dah niy jalan yg bner kemana y? dan akhirnya bertanya lah gua ma seorang tukang parkir yg ada disana,

                        Jaja            : “pak, jalan ke dago lewat mana y?”

                        TP              : “ohh, ini lurus aja, nanti ketemu STOPan belok kiri, trus tinggal ikutin angkot kalapa-dago aja.”

                        Jaja            : “oh gt ya pak, makasih..”

Nah apa yg terjadi….. adany gua sambil jalan bingung. STOPan?? Apaan tuh? Sampe di jalan gua cariin yg namany rambu stop, mana ada gt di jalan. Haha. Terlihat bodoh sekali. Untungny gua dapet wangsit tiba-tiba, gua berfikir itu lampu merah. Hehe.

 

Ada lagi…

           

            Kemaren pas pulang kampung ke jawa. [ky punya kampung aja lagi lo ja.. hehe] di dalam perjalanan yg gelap dan yg ada hanya terang lampu kendaraan dan lampu jalan, ditelepon lah nyokap gua ma sodarany, and a little bit conversation…

                        Nyokap            : “hotelny dimana?”

                        Sodara             : “ohh, nanti lurus aja, abis BANGJO ada di sebelah kiri, langsung masuk deh.”

                        Nyokap            : “ok sip.”

Gua yg mendengarkan percakapanny langsung mencari dimanakah BANGJO berada….!! Plangak plongok, liat kemana-mana mata gua, ehh ga nemu yg namany BANGJO, apa coba BANGJO?!! Akhirnya nyokap gua cerita

                        Nyokap            : “tau bangjo ga?”

                        Jaja                : “hah? Apaan tu?”

                        Nyokap            : “itu bahasa jawa BANGJO = abang ijo, abang tu merah, ijo yah hijau. Jadi maksudnya itu lampu merah, kan merah ma ijo.”

                        Jaja                : “hah? Bahasa mana tu?! Aneh aja deh. Hehe.”

                        Nyokap            : “iya disini tu dibilangnya ky gt.”

                        Jaja                : “ohh gt y..”

Gua tu sampe berfikir bangjo itu adalah tukang bakso, jualan nasi goreng, nasi liwet kek to tukang pangkas rambut, eh malah lampu merah. Hehe. Tung nyokap langsung bereaksi, jadiny gua ga bertanya yg aneh-aneh tentang bangjo ini. haha. Tapi yg gua bingung, kan lampu merah ada kuningny juga, kok ga dimasukin singkatan y? jadi BANGKUJO gt.. heheh.

 

Ternyata gua ga ngebayangin klo lampu merah aja ada sebutanny di setiap daerah ky gini. Niy baru gua temukan di jawa dan bandung, apa lagi y namany di luar sana? Pasti aneh dah tu nama, kocak-kocak ga jelas dan yg pasti membuat bingung! Haha. Ada yg punya sebutan-sebutan lain buat si makhluk ini? ayo masukan.!! Hehe.

4 komentar:

achiisurachii mengatakan...

hhahahahaha.

BANGJO aja gitu yhaaa!
gini aja,
kiya keliling kota di indonesia terus nyatet dah istilah stopan di setiap kota *sekalian backpacker,hehe*

nasiliwetikanpeda mengatakan...

sedeng lo ja... adaaaaaa aj

yossy.eko.arimbi mengatakan...

kalo di daerah rumah gw di upper east side di manhattan sana ja.. lampu merah itu namanya red lamp

hwakakakakakaka

j a j e mengatakan...

hahahaha. dodol lo bi.! ok sekali dah daerah rumah lo.

yg ngikutin..

profile...

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
manusia biasa yg sedang belajar arti hidup sebenarnya. uda gt aja. hahahahahah, gaya bner dah tu kata2.